Melanjutkan Penggalangan Dana Pelajar Berprestasi via AFS Run 2022

Yayasan Bina Antarbudaya (YBA) telah mengadakan kegiatan lari bersama sekaligus menggalang dana untuk pelajar Indonesia berprestasi lewat AFS Run 2022 (11/9) di QBig BSD City, Tangerang. Alhamdulillah kegiatan amal ini berjalan sukses dan akan dilanjutkan program penggalangan yang lebih menarik Inshallah.

What next? Kesuksesan AFS Run akan lebih baik lagi jika diduplikasi ke seluruh Chapter YBA seraya menghidupkan terus semangat voluntary ribuan alumni yang memiliki berbagai komunitas lintas profesi, hobby dan generasi. Tujuan jangka panjangnya adalah saling membantu menebar manfaat untuk melahirkan talenta terbaik untuk negri. Diperlukan kemandirian pendanaan untuk proses mulia ini sehingga dana lestari seperti wakaf bisa menjadi alternatif. Ini sudah dimulai oleh ITS dan IPB ( baca https://wakafprenuer.com/2022/09/22/ipb-investasikan-rp-200m-sukuk-wakaf-gandeng-bwi/ ).

Yayasan Bina Antarbudaya merupakan sebuah organisasi yang berfokus pada intercultural learning dan pertukaran pelajar ke luar negeri. Pada kesempatan ini, Yayasan Bina Antarbudaya menginisiasi kegiatan berlari bersama sebagai bentuk penggalangan dana untuk membantu para pelajar Indonesia berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk mendapat kesempatan belajar ke luar negeri.
Menurut Gatot Nuradi Sam, Executive Director Bina Antarbudaya, lari merupakan olahraga yang sangat digemari saat ini, khususnya di Indonesia. Maka dari itu, Yayasan Bina Antarbudaya mengadakan kompetisi lari jarak pendek sebagai ajang silaturahmi antar alumni program sekaligus penggalangan dana.

AFS Run 2022 ini memiliki tema “Youth For Today. Leaders For Tomorrow”. Tema ini diambil sebagai perwujudan dedikasi Yayasan Bina Antarbudaya dalam membentuk pemuda Indonesia sebagai calon pemimpin besar bangsa di masa depan. AFS Run 2022 memiliki lima kilometer jarak tempuh pada kompetisinya, atau biasa dikenal sebagai jarak pendek. AFS Run 2022 terbuka untuk umum. Selain acara utamanya, yaitu kompetisi lari jarak pendek dan penggalangan dana, terdapat juga race pack, doorprize, serta hadiah menarik lainnya yang diperuntukan bagi para peserta.

AFS Run 2022 diikuti sebanyak 500 peserta dari Jabodetabek. Selain itu, AFS Run 2022 mendapat dukungan penuh dari berbagai pihak sponsor utama seperti Bank Mandiri, Bank DKI, Walls, Herbalife Nutrition serta berbagai sponsor pendukung lainnya. Kegiatan ini juga menggandeng Kumparan, MRA Group, dan Liputan 6 sebagai media partner.

Kegiatan olahraga tersebut diikuti oleh ratusan peserta baik dari wilayah Tangerang, hingga Jakarta. Selain dapat menyehatkan tubuh, kegiatan ini juga memiliki tujuan sebagai salah satu upaya penggalangan dana.
Secara eksklusif, American Studies The Americas School of Strategic and Global Studies, Irid Rachman Agoes kepada kumparan mengatakan, kegiatan AFS FUN RUN 2022 adalah upaya pihaknya untuk membantu pelajar Indonesia yang berprestasi, namun kurang mampu untuk bisa belajar di luar negeri.
“Setiap tahun kami selalu adakan kegiatan penggalangan dan ini yang nantinya, hasil dari kegiatan akan kita salurkan, serta berikan untuk pelajar yang kurang mampu,” katanya.

Pada prosesnya pemberian beasiswa itu, pihaknya akan akan menjaring seluruh pelajar di Indonesia dengan jenjang SMA/sederajat, untuk bisa merasakan belajar di luar negeri.

“Nantinya mereka ikut tes dulu, lalu bila lulus akan belajar di luar negeri selama 9 bulan, dengan beberapa negara yang menjadi pilihan, beberapanya Eropa dan Amerika,” ujarnya.

Sementara itu, Executive Director Bina Antarbudaya, Kak Gatot Nuradi Sam mengatakan, kegiatan ini sangat berperan bagi pelajar di Indonesia.
“Bina Antarbudaya sangat berterima kasih atas dukungannya dalam kegiatan ini yang turut membantu para pelajar berprestasi di Indonesia. Ditambah menjadi penyemangat bagi kami sebagai organisasi untuk terus bekerja keras mengembangkan pemuda Indonesia sebagai aset bangsa lewat program pertukaran pelajar,” ungkapnya.

https://kumparan.com/kumparannews/galang-dana-pelajar-berprestasi-yba-gelar-afs-run-1ypw6M5mnBR

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close