IPB Press dan Ibantu Kerjasama Perangi Pembajakan Buku via Blockchain

Bogor, 18 Jan 24 – iBantu.co, a leading innovator in digital solutions, proudly announces a groundbreaking collaboration with IPB Press Bogor, a distinguished name in the world of book publishing. The partnership is sealed with a signed contract, marking the beginning of a dynamic venture set to revolutionize the industry.

The collaboration centers around the title: “The Use of Digital Record on Blockchain for Book Publishers“. With a visionary approach, iBantu.co and IPB Press Bogor plan to utilize the power of Blockchain technology to increase the efficiency and security of book publishing. 

Mr. Damar Osman, President CEO of iBantu.co, and Director of IPB Press Mr. Erick Wahyudyono, shared their excitement about this partnership. The signing ceremony was attended by key personnel from both organizations, including: CEO/ Director, Sales Marketing Manager, Operations Production Manager, Company secretary, Sales Marketing Supervisor.

In a forward-thinking move, iBantu.co and IPB Press Bogor are set to harness the power of Blockchain technology to enhance the efficiency and security of book publishing. The collaboration aims to introduce Digital Record solutions that leverage Blockchain’s inherent transparency, immutability, and security features.

In addition, the purpose of digital records is to preserve the sanctity of the process of original books (no hijacking); Author, Editor, Publisher, Distributors, Wholesalers, Retailers, and Readers. With the inclusion of Blockchain within the publishing ecosystem – uphold the ethical business practices as it is not only able to provide transparency, traceability but also provide governance and accountability to the Ecosystems. 

As part of this initiative, iBantu.co invites you to join us in shaping the future of book publishing. Stay tuned as we unveil the groundbreaking collaboration between iBantu.co and IPB Press Bogor, transforming the industry through the implementation of Digital Record on Blockchain technology. Be part of this change and witness the future of publishing unfold.

Sumber: https://www.ipb.ac.id/news/index/2024/02/manfaatkan-teknologi-blockchain-ipb-press-jalin-kerja-sama-dengan-ibantu-untuk-bidang-literasi/

Bertempat di Kantor IPB Press di kawasan Science Techno Park Taman Kencana, IPB Press tandatangani kerja sama pengelolaan blockchain untuk penerbitan bersama dengan iBantu, perusahaan asal Singapura.

“Kerja sama ini dilakukan karena melihat tingkat keamanan dan peluang besar pemanfaatan teknologi blockchain di Indonesia. Dunia penerbitan sangat erat kaitannya dengan pengelolaan industri, intellectual property, yang mau tidak mau harus berhadapan dengan pembajakan,” ujar Direktur IPB Press, Erick Wahyudyono

Erick menilai bahwa kerja sama pemanfaatan teknologi blockchain di bidang penerbitan ini, dapat membuka peluang perbaikan isu-isu terkait hal tersebut. “Keberadaan teknologi blockchain dalam industri penerbitan dapat memberikan beberapa manfaat terkait transparansi distribusi dan keamanan pada intellectual property dan pembajakan,” ungkapnya.

“Blockchain diharapkan dapat memberikan fasilitas pada pembaca untuk melacak keaslian konten atau buku yang dibelinya. Hal ini juga dapat menjadi apresiasi oleh penulis bahwa penerbit dan pembaca sangat fokus dan bersemangat untuk menjaga intellectual property dan menghindari pembajakan. Blockchain yang memiliki unique qode tersebut juga dapat membantu keakuratan stok dan penjualannya,” tutur Erick.

Ia menjelaskan, keberadaan blockchain di Indonesia dan di bidang perbukuan belum banyak berkembang atau digunakan oleh masyarakat umum sehingga diperlukan edukasi mengenai informasi proses dan alur kerja pemanfaatan teknologi blockchain.

“Edukasi pentingnya menjaga intellectual property inilah yang menjadi concern oleh IPB Press untuk memulai kerja sama ini. Pentingnya menjaga intellectual property ini diharapkan akan menjadi kebanggaan bagi seluruh pelaku dan stakeholders dunia penerbitan, baik penerbitan, penulis dan pembaca,” ucapnya

Lanjut Erick, selain kebanggaan, manfaat secara finansial akan didapat karena berkurangnya potensi pembajakan. Hal ini akan memberikan dampak positif pengelolaan pendapatan bagi penerbitan yang akan memengaruhi penerimaan royalti untuk penulis sebagai pemilik hak cipta.

“iBantu merupakan perusahaan yang berfokus pada sektor keuangan dan mitra teknologi Web 3.0 Blockchain, sehingga berkomitmen untuk mendukung individu, bisnis maupun organisasi untuk berhasil dengan solusi keuangan yang inovatif,” ujar Erick.

Ia menuturkan, IPB Press sebagai pelaku penerbitan berharap kolaborasi ini akan membawa hal-hal positif untuk kemajuan dunia literasi dengan memanfaatkan teknologi yang akan terus berkembang sebagai salah satu usahanya memberikan inovasi.

“Semoga dengan kerja sama ini, pengembangan dunia literasi di Indonesia terus maju dan menjadi industri yang dapat memberikan kebermanfaatan pada masyarakat umum dan stakeholders-nya,” tutupnya. (*/Lp)

Leave a comment

search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close