AWS Menjadi Alternatif Wakaf Agrowisata Dunia

Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Untuk menjawab tantangan kedepan dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pondok pesantren. Lembaga Wakaf, Agrowisata Shaleha (AWS Wakaf) sebagai Nazhir wakaf dari Yayasan Pondok Pesantren Agrowisata Shaleha, yang berkedudukan di Panjalu, kabupaten Ciamis, telah melakukan Soft Launching pada Minggu, 4 April 2021 di Lantai 3 Gedung Pondok Pesantren Agrowisata Shaleha, yang digelar dengan meeting offline dan online.

Yayasan Agrowisata Shaleha ini menyelenggarakan Program Pondok Pesantren Tahfidz Quran dengan Pendidikan Formal Madrasah Aliyyah, Sekolah Luar Biasa dan Raudhatul Athfal, beralamat di Dusun Sriwinangun, Desa Panjalu, Kecamatan Panjalu.

Ketua Yayasan Pondok Agrowisata Shaleha, H. Adi Pranomo melalui ketua Pembina Yayasan, H. Erry S Dipawinangun. SH.MH, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa untuk menjawab tantangan ke depan, bagaimana meningkatkan kualitas dan kuantitas Pondok Pesantren, kami berinisiasi membentuk lembaga pengelola wakaf, yaitu AWS Wakaf sebagai instrumen keuangan syariah, yang profesional, dengan SDM pengelola mayoritas kaum millenial, yang energik dengan memiliki latar belakang disiplin ilmu beragam. Ucapnya Rabu (07/04/21).

“Kami optimis, dampaknya akan mendorong kemajuan dan manfaat bagi pesantren dan masyarakat pedesaan di Panjalu dan sekitarnya.” Katanya.

Dalam mengisi kegiatan launching ini terdapat dua (2) nara sumber diantaranya : pertama, Bapak H Nur Syamsudin Buchori, SE,SPd, MSi, dari Badan Wakaf Indonesia yang memaparkan tentang Kekuatan dan Potensi Wakaf.

Nara sumber yang kedua (2), Bapak Achmal Junmiadi, SE sebagai Kepala Bidang Kerjasama Komunitas Sahabat Erdogan, yang menyampaikan tentang bagaimana wakaf membangun peradaban.

Menurut Ketua AWS Wakaf, Fajrul Syam Arzani,“AWS Wakaf di tahap awal, telah membuka 3 (tiga) pilihan wakaf. Pertama, Wakaf lahan produktif, berupa wakaf pembebasan lahan untuk kegiatan produktif agrobisnis dan agrowisata. Dan kedua, wakaf produktif agrobisnis, berupa wakaf penyediaan alat untuk kegiatan agrobisnis dan ketiga wakaf untuk fasilitas pendidikan.

“Masyarakat, calon pewakaf, bisa sangat mudah untuk memulai wakaf, bisa langsung ke kantor di Pondok pesantren Agrowisata Shaleha ataupun bisa langsung dari rumah dengan mengakses
website http://www.awswakaf.id.” katanya.

Fajrul menambahkan, pilihan besaran wakafnya pun bervariasi, untuk wakaf lahan produktif mulai Rp. 100.000 saja untuk akad per-setengah meterpersegi, tentu bisa kelipatan, dan wakaf lainnya bisa berwakaf mulai Rp. 25.000.

“Artinya, kami ingin memberi kemudahan dan memberi edukasi, bahwa masyarakat bisa mulai berwakaf tanpa mesti menunggu uangnya gede dulu.” Jelasnya.

Sementara itu, sekretaris umum AWS wakaf, Fauzan mengatakan, setiap progres kegiatan dan perkembangan kami terus di laporkan secara berkala melalui media komunikasi ke pihak pengurus pesantren.

“Media komunikasi tersebut, bisa menggunakan media sosial maupun media lainnya yang mudah diakses oleh wakif maupun masyarakat,” imbuhnya.

Ditambahkan Fauzan, ucapan dukungan dan selamat launching AWS Wakaf datang dari beberapa tokoh diantaranya, Bapak Indra Uno (Pendiri Oke Oce), Bapak KH Amang Syafrudin (Anggota DPDRI), Bapak H Didi Sukardi, SE (Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat).

Selanjutnya Bapak KH Nonop Hanafi (Ketua Forum Pondok Pesantren Ciamis) dan Bapak Endang Haris Juanda, MM (Kepala Badan Promosi Pariwisata Kabupaten Ciamis) Hadir pula tokoh masyarakat sekaligus Pembina Yayasan Agrowisata Shaleha, Ade Amran, S.PdI. imbuhnya.

Pembina Yayasan Agrowisata Shaleha, Ade Amran,S. Pdi, mengatakan atas nama masyarakat, Kami menyambut dan mendukung dengan terbentuknya Lembaga AWS
Wakaf ini, yang salah satunya program pengelolaan Wakaf Produktif ke arah kegiatan Agrowisata dan Agrobisnis, tentu sangat erat hubungannya dengan Ciamis dan Panjalu khususnya dengan potensi Alam, wisata dan Agrobisnis nya.

“Selain itu, manfaat dari pengelolaan wakaf ini, akan berdampak pada pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan Pendidikan Pesantren yang berkualitas namun terjangkau dengan support hasil pengelolaan wakaf produktif.” Pungkasnya.

Sumber: Yayasan Pondok Pesantren Di Panjalu Ciamis, Launching Agrowisata Shaleha (AWS) Wakaf https://www.analisaglobal.com/yayasan-pondok-pesantren-di-panjalu-ciamis-launching-agrowisata-shaleha-aws-wakaf/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close