Wapres Resmikan Retina dan Glaukoma Center Berbasis Wakaf

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meresmikan layanan Retina dan Glaukoma Center di RS Mata Achmad Wardi, Kota Serang. Layanan dan rumah sakit ini merupakan dibangun dari dana wakaf umat untuk kepentingan masyarakat khususnya yang tidak mampu.

“RS Achmad Wardi didirikan 2017, adalah rumah sakit mata pertama di Asia yang dibangun dari dana wakaf dan hari ini saya menyaksikan penambahan retina center yang dibangun juga dari dana wakaf. Ini sejalan dengan harapan saya untuk menjadikan wakaf sebagai salah satu pilar peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” kata Wapres Ma’ruf melalui telekonferensi yang disampaikan dari Istana Wakil Presiden, Rabu (21/10/2020).

Wapres mengatakan bahwa kesehatan jadi faktor penting terwujudnya sumber daya unggul. Peningkatan kapasitas layanan termasuk di RS Achmad Wardi perlu mendapatkan apresiasi karena angka kebutaan di Indonesia masih di angka 1,5 persen atau hampir 3 juta.

“Kebutaan di Indonesia terjadi akibat katarak, glaukoma dan gangguan retina. Kita sangat berbahagia dan bangga tambahan layanan retina dan glaukoma di RS Achmad Wardi ini. Masyarakat Serang dan sekitarnya dapat memperoleh rawat mata di lokasi terdekat” ujarnya.

Menurut Wapres, pembangunan rumah sakit dan layanan retina dengan dana wakaf perlu ditingkatkan. MUI sejak 2002 memfatwakan bahwa wakaf tunai termasuk surat berharga yang dilakukan perorangan, kelompok atau badan hukum diperbolehkan. Potensi ini bisa dimanfaatkan untuk untuk kepentingan umat dan setiap orang bisa berwakaf.

“Potensi wakaf tunai bisa didapat dari donasi masyarakat secara luas. Jika wakaf tanah bisa dilakukan orang mampu dengan wakaf tunai hampir semua orang bisa menjadi orang yang berwakaf dan memperoleh sertifikat wakaf tunai. Dan yang diwakafkan tidak akan berkurang jumlahnya, justru akan berkembang hasilnya akan bermanfaat untuk peningkatan fasilitas ibadah dan kesejahteraan umum,” ujarnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga menambahkan, pembangunan pusat retina dan glaukoma di RS Achmad Wardi jadi wujud nyata inovasi keuangan sosial Islam melalui skema wakaf produktif. Ini menurutnya penting dan bermanfaat bagi warga Banten dan sesuai dengan instrumen ekonomi syariah yang dikembangkan pemerintah.

“RS Achmad Wardi wujud nyata dari wakaf produktif link sukuk yang pertama. Investasi dana wakaf tersebut dimanfaatkan untuk aset-aset salah satunya di RS Achmad Wardi diharapkan masyarakat lebih mudah memanfaatkan wakafnya,” ujarnya melalui telekonferensi.

Peresmian Retina dan Glaukoma Center ini sendiri dihadiri Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia (BWI) M Nuh, Menteri Agama Fachrul Razi melalui telekonferensi, dan Wali Kota Serang Syafrudin. Layanan bisa dimanfaatkan bukan hanya untuk warga Serang tapi juga Pandeglang, Lebak bahkan untuk warga di Tangerang.

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5222370/wapres-resmikan-layanan-retina-yang-dibangun-dari-dana-wakaf-di-serang?tag_from=wpm_nhl_13

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close